Saturday, January 28, 2017

Cara Merawat Mobil Saat Banjir

Banjir memang suatu hal yang tidak mengenakkan dan menjadi momok tersendiri bagi banyak orang. Terutama bagi mereka yang rumahnya berada di daerah dataran rendah dan dekat dengan laut, termasuk yang mempunyai mobil. Apalagi jika mobil itu berjenis citycar bertransmis otomatis. Sebab, mesin mobil jenis ini sangat rentan terendam banjir dan akhirnya menyebabkan mobil mogok.

Ilustrasi. (foto: trinitar.com)
Jika mobil sudah mogok, pasti sangat menyebalkan dan membuat transportasi menjadi terganggu. Oleh karena itu, perhatikan beberapa tips berikut ini tentang perawatan mobil berjenis matic saat melintasi daerah yang banjir. 
  1. Apabila Anda sudah tahu bahwa daerah tersebut rawan banjir, sebaiknya cari jalan lainnya yang lebih aman dan kering. 
  2. Kalau sudah terlanjur terjebak banjir, maka periksa ketinggian airnya. Apabila tidak memungkinkan untuk dilintasi, sebaiknya parkirkan mobil di tempat yang aman atau putar balik saja. 
  3. Jika memang terpaksa melintasinya, maka usahakan tuas transmisi berada di posisi ‘L’.
  4. Jika mesin mobil mati secara tiba-tiba, jangan hidupkan lagi. Biarkan saja, karena bisa memperparah kerusakan. 
  5. Setelah berada di tempat yang tidak tergenang air, segeralah buka kap mesin mobil. Lalu keringkan pada bagian mesinnya dan sistem kelistrikannya.
  6. Hidupkan mesin mobil dan starter mobil hingga tiga kali. Jika tidak menyala, cabutlah kabel busi dan periksa terkena air atau tiak. Kalau terdapat air, maka bukalah tutup kaburator dan keringkan terlebih dahulu. Lalu pasang lagi seperti semula. 
  7. Setelah itu, hdupkan lagi mesin mobil. Apabila sudah berjalan lagi, maka keringkan remnya dengan beberapa kali melakukan pengereman.

Share this

0 Comment to "Cara Merawat Mobil Saat Banjir"

Post a Comment