Thursday, February 9, 2017

5 Jenis Sticker yang Perlu Kalian Ketahui

Kamu bingung bagaimana cara mengekspresikan ide pada kaos yang dipakai? sekarang tak perlu bingung lagi karena telah tersedia jasa sablon kaos. Kamu bisa menggambar sendiri design yang diinginkan. Atau bisa berkonsultasi langsung dengan penyedia jasanya dan dapatkan design unik kesukaanmu. 

Selain mengekspresikan melalui kaos, kamu juga bisa membuat sticker yang nantinya bisa ditempelkan di helm, sepeda, moto, laptop, lemari kamar, pintu kamar dan lain-lain. Sticker itu sendiri merupakan kertas yang memiliki perekat dan memiliki berbagai gambar atau tulisan sesuai keinginan pembuatnya. Kebanyakan sticker dibuat untuk tempelan berbagai barang agar terlihat lebih trendy. 
Contoh Sticker

Selain bentuknya yang berbeda, kertas atau bahannya pun memiliki perbedaan sesuai peruntukkannya, tentu harga pun disesuaikan. Di bawah ini ulasan mengenai Kenali Jenis Sticker Sebelum Membuatnya. 

1. Sticker Chromo
Sticker ini terbuat dari bahan kertas licin yang cocok dicetak separasi. Memiliki daya lengket yang erat, biasanya digunakan pada label botol, promosi suatu produk atau bahkan digunakan untuk sticker Pemilu dan Pemilukada. Kelemahannya adalah sticker ini akan cepat luntur jika sering terkena hujan. 

2. Sticker HVS
Kamu bisa mendapatkannya di Toko buku, ukurannya sesuai kertas HVS dan pastinya harga yang ditawarkan relatif murah. Jenis sticker ini bisa diprint menggunakan printer tinta biasa. Namun, daya tahannya terbatas karena lem yang dimiliki sticker ini mudah mengelupas. Selain itu, tinta yang menempel sulit meresap dengan baik, sebaiknya biarkan kertas selama beberapa jam setelah dicetak. Untuk jenis sticker HVS banyak digunakan untuk mencetak souvenir saja. 

3. Sticker Crome
Jika kamu menyukai kesan bling-bling atau mengkilau, bisa menggunakan sticker crome. Jenis kertas sticker ini mempunyai lapisan glitter yang berkilauan. Sayangnya, sticker crome tidak bisa diprint. Kebanyakannya digunakan untuk melapisi beberapa bagian kendaraan bermotor. Seringkali disebut dengan nama scotlet, fungsinya agar tidak terkena goresan langsung pada body kendaraannya. 

4. Sticker Bontaks
Sticker Bontaks merupakan jenis sticker yang memiliki tekstur seperti kertas biasa namun daya rekatnya cukup kuat. Karena daya rekatnya yang cukup kuat itu, maka sticker bontaks digunakan pada berbagai macam kemasan suatu produk barang. Jenis kertas sticker bontaks dapat dicetak dengan printer inkjet. Potong terlebih dahulu seukuran kertas HVS saat akan mencetaknya. Untuk menambah daya tahan jenis sticker ini, kamu bisa menambahkan proses laminasi. Sekilas mengenai laminasi, laminasi adalah proses purna cetak yang bertujuan untuk melindungi hasil cetak dari pengaruh cuaca, air atau terpaan panas matahari sehingga lebih awet. 

5. Sticker Vinyl
Merupakan sebuah kertas sticker berbahan vinyl atau plastik lentur. Daya tahannya sangat baik karena lebih tahan air dan pengaruh cuaca. Jenis sticker ini tidak dapat diprint menggunakan printer inkjet biasa, harus menggunakan Laserjet print. Permukaan yang dimilikinya lebih glossy dan cocok diterapkan untuk sticker outdoor. 

Dari semua jenis sticker yang telah disebutkan di atas, sticker vinyl direkomendasikan untuk kamu yang ingin membuat sticker sesuai selera. Demikianlah ulasan mengenai Kenali Jenis Sticker Sebelum Membuatnya. Semoga Bermanfaat.

Share this

0 Comment to "5 Jenis Sticker yang Perlu Kalian Ketahui"

Post a Comment