Saturday, February 11, 2017

Berlatih Persiapan Umroh Secara Fisik

Persiapan umroh mesti dilakukan secara matang, Setiap jamaah perlu mengetahui dengan benar tata cara ibadah serta bacaan yang diucapkan. Tidak hanya hanya menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang di bawa saja, tapi juga perlu berlatih persiapan umroh secara fisik. Berlatih fisik ditujukan agar tubuh tetap sehat dan kuat menjalani serangkaian ibadah dalam umroh. Mengingat cuaca di Mesir yang tak seperti di Indonesia, Anda perlu mempunyai ketahaan fisik.

Dengan fisik yang kuat, Anda tidak akan kelelahan atau mengalami sakit saat menjalani kegiatan di tanah suci. Anda bisa berlatih sendiri atau mengikuti latihan yang diberikan oleh penyedia jasa umroh. Karena umumnya mereka mendampingi para jamaah dan mendukung ibadah umroh yang mabrur. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Cara Berlatih Persiapan Umroh
1. Jogging
Pada ibadah umroh ada Sa’i yakni lari-lari kecil dari bukit sofa ke marwah. Ini membutuhkan fisik yang kuat untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, joging atau berjalan kaki bisa menjadi latihan fisik yang tepat untuk Anda. Berlatih persiapan umroh secara fisik bisa dilakukan setiap hari di pagi dan sore hari. Pilih waktu mana yang cocok untuk Anda.

Lakukan latihan dalam 2-4 bulan secara teratur sebelum keberangkatan ke tanah suci. Bagi Anda yang terbiasa berjalan kaki pasti mudah menjalankannya. Berjalan atau joging selama 30 menit setiap hari bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

2. Peregangan dan pelemasan otot
Anda sering kali merasakan otot-otot tubuh kaku, jika iya maka berlatihlah dengan pergangan jauh-jauh hari sebelum umroh. Tak harus ke gym atau pusat kebugaran, tapi berlatih sendiri di rumah dengan sit up, push up, back up, senam atau olah tubuh lainnya. Luangkan waktu setiap hari untuk berlatih persiapan umroh. Olahrga ini bertujuan sebagai adaptasi tubuh terhadap aktivitas yang dijalani selama umroh. Sehingga, tubuh bisa diajak untuk beribadah yang maksimal di tanah suci.
Peregangan dan Pelemasan otot. (foto: simomot.com)
3. Ketahui kekuatan diri saat berlatih
Jangan terlalu bersemangat berlatih persiapan umroh. Anda perlu mengetahui seberapa kuat tubuh Anda dalam melakukan latihan fisik. Ukur kemampuan diri dan sesuaikan dengan kondisi tubuh dan usia Anda. Kalau terlalu berlebihan, dapat membuat Anda mengalami cidera, kelelahan atau justru sakit. Rutinitas olahraga juga sangat penting, karena jika tidak rutin atau jarang kemungkinan Anda merasakan nyeri otot. 

Share this

0 Comment to "Berlatih Persiapan Umroh Secara Fisik"

Post a Comment