Thursday, March 2, 2017

Jenis Alergi Menurut Berbagai Macam Penyebabnya

Penyebab alergi biasanya tidak terlalu berbahaya serta tidak mengakibatkan gejala alergi yang menimpa orang lain. Beberapa jenis alergi yang biasanya dapat menyebabkan alergi seperti gigitan serangga, makanan tertentu seperti susu, kerang, kacang-kacangan, ada pula udara semisal bulu hewan, tungau dan serbuk sari. Ada juga allergen yang bersentuhan dengan kulit secara langsung seperti bahan kimia yang berada di sabun, parfum dan sampo.

Reaksi alergi muncul ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi pada allergen yang dianggap berbahaya meskipun sebenarnya tidak. Oleh sebab itu terbentuklah antibody yang sering disebut dengan lgE. Ketika kontak antar tubuh dan juga allergen ini kembali terjadi, tubuh biasanya akan memproduksi banyak lgE. Nantinya lgEb bisa memicu pelepasan zat kimia alami. Resiko seseorang mengalami alergi bisa meningkat karena adanya keturunan dan lingkungan. Bila ayah dan ibu mempunyai alergi tertentu, Anda akan beresiko memiliki alergi walaupun jenisnya tidak selalu sama.
Alergi Kulit. (foto: autoimunitas.com)
Faktor lingkungan pun akan mempengaruhi resiko dari alergi. Penelitian pun menunjukkan bila semakin lama seseorang terpapar allergen, resiko memiliki alergi ini juga akan semakin tinggi semisal anak yang tumbuh di tengah keluarga yang merokok, nanti ia bisa alergi pada asap rokok. Lantas, bagaimana cara mengetahui alergi yang Anda derita? Anda bisa memeriksakannya ke dokter, dokter akan menanyakan seperti apa gejala, waktu kemunculan dan pemicu yang Anda alami. Bukan hanya itu, dokter pun akan memeriksa bagian tubuh yang terkena alergi.

Selain melakukan pemeriksaan tersebut, jenis alergi juga bisa diketahui pada tes kulit. Tes tusuk kulit ini, kulit pasien ditetesi cairan allergen dan ditusuk dengan halus untuk melihat reaksi. Bila pasien mengalami alergi pada substansi ini, benjolan merah serta gatal akan muncul di kulit dalam waktu 10 hingga 15 menit kemudian. Tes tusuk biasanya dilakukan sebagai cara kenali alergi yang Anda derita. Anda tidak perlu cemas karena tes ini merupakan tes yang aman digunakan untuk semua orang. Selain tes di kulit tes tempel pun juga bisa dilakukan. Jadi, tergantung kebijakan dari dokter.

Share this

0 Comment to "Jenis Alergi Menurut Berbagai Macam Penyebabnya "

Post a Comment