Wednesday, May 17, 2017

Investasi Properti Tanah, rumah Atau Apartemen? Mana Yang Mendatangkan Untung Besar?

Investasi properti merupakan pilihan investasi yang tidak pernah mengalami sepi peminat. Setiap tahunnya terus mengalami peningkatan baik itu dari segi nilai jual ataupun dari segi peminatnya. Banyak masyarakat memilih untuk investasi properti berupa rumah, tanah dan apartemen. Ketiga jenis investasi ini diyakini memiliki keuntungan yang besar dengan proses yang sangat mudah. Nilai jual tanah sudah dapat dipastikan tidak akan mengalami penurunan karena kelangkaan lahan yang semakin meningkat. Nilai jual apartemen Bekasi pun demikian setiap tahunnya akan terus ada kenaikan peminat yang membuatnya menjadi saat kompetitif di dunia properti. Rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh masyarakat hal ini membuat properti yang satu ini tidak pernah sepi dari peminat. 
Investasi Properti Tanah, rumah Atau Apartemen?
Investasi Properti Tanah, rumah Atau Apartemen?
Anjuran untuk investasi properti sebenarnya sudah ditanamkan sejak jaman dulu saat nenek moyang kita. Namun kebanyakan mereka melakukan investasi berupa tanah atau ladang. Hal ini tentu sangat berbeda dengan saat ini, karena ketersediaan lahan semakin berkurang investasi properti justru dapat dilakukan dalam berbagai hal mulai dari rumah, tanah, apartemen, hingga ruko dan lain sebagainya. Namun saat ini investasi properti berupa tanah, rumah dan apartemen merupakan pilihan yang banyak digunakan oleh masyarakat.

Diantara ketiga jenis investasi properti tersebut investasi manakan yang akan mendatangkan keuntungan lebih besar ? 

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut sebaiknya simak terlebih dahulu persyaratan atau faktor penting yang harus diketahui sebelum melakukan dan menentukan investasi properti.

Lokasi
Lokasi merupakan hal penting yang menentukan banyak atau tidaknya untung atau tidaknya suatu investasi properti yang kita lakukan. Ketika lokasi investasi terletak di kawasan dan area yang strategis dengan akses jalan yang sangat baik maka sudah bisa dipastikan bahwa investasi tersebut akan mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Lokasi strategis merupakan lokasi yang mudah diakses dan mengakses berbagai tempat, dekat dengan fasilitas publik seperti sekolah, rumah sakit, taman, jalan told an fasilitas lainnya.

Keamanan
Investasi yang bisa ditempati dengan aman merupakan pilihan yang menguntungkan. Aman disini tidak hanya menyangkut lingkungan yang aman dari tidakan kriminal dan penipuan saja namun mencakup banyak hal seperti bebas dari bencana longsor, banjir dan lainnya. meskipun sistem keamanan untuk menghindari tidakan kriminal penting, namun kondisi lingkungan yang kondusif pun bisa membantu untuk mengurangi resiko tersebut.

Ketika kedua faktor dan syarat diatas sudah bisa terpenuhi dalam investasi properti yang kamu lakukan. Investasi properti dalam bentuk apapun itu akan berjalan dengan baik dan menguntungkan. Namun sebagai pemula yang baru saja bergabung dalam dunia investasi properti tentu masih belum paham betul akan banyak informasi dari masing – masing jenis investasi properti. Untuk menjawab pertanyaan sebelumnya dan memberikan informasi lebih detail sebaiknya simak ulasan dibawah ini.

• Investasi Tanah
Nilai Plus :
1) Keuntungan akan lebih tinggi ketika membeli tanah kavling di area perumahan. Ketika perumahan tersebut ramai oleh peminat maka tanah yang kamu investasika pun akan ikut mengalami kenaikan. 
2) Harga jual tanah saat membeli cenderung lebih murah dibandingkan dengan nilai apertemen dan rumah
3) Tidak ada biaya perawatan khusus yang harus dikeluarkan

Nilai Minus :
1) Sulit untuk disewakan, sehingga tidak mudah untuk mendapat keuntungan sebelum menjualnya
2) Tidak semua bank dan lembaga keuangan melayani kredit kepemilikan tanah

• Investasi Rumah
Nilai Plus :
1) Mudah dapat penyewa, terlebih lagi jika lokasi mudah diakses
2) Bisa mudah ketika dijadikan sebagai angunan untuk pinjam uang
3) Lebih mudah dijual dibandingkan dengan tanah
4) Nilai jual rumah lebih tinggi diandingkan nilai jual tanah

Nilai Minus :
1) Ada baya perawatan khusus untuk renovasi, perbaikan kerusakan dan penyegaran penampilan.
2) Diperlukan biaya asuransi untuk membuat rumah lebih aman seperti asuransi kebakaran

• Investasi Apartemen
Nilai Plus :
1) Fasilitas lebih lengkap dibandingkan dengan rumah
2) Harga apartemen jauh lebih bervariasi ada yang murah namun ada juga yang cukup mahal
3) Letaknya sangat strategis, sebagian besar apartemen seperti apartemen Bekasi terletak di pusat kota dan berada di kawasan perkatoran
4) Nilai sewa unit apartemen lebih tinggi sehingga penghasilan yang di dapatkan saat menyewakan apartemen lebih menguntungkan

Nilai Minus
1) Ada biaya rutin bulanan yang harus diabayar, dan nilainya tidak sedikit
2) Nilai jaminan untuk apartemen lebih rendah dibandingkan rumah
3) Tidak mendapatkan hak guna bangunan, karena didirikan pada lahan yang dikelola untuk kepentingan bersama
4) Ketika ada kerusakan akan merembet ke unit apartemen lainnya misalnya pipa bocor

Jika kamu menginginkan investasi properti dengan keuntungan yang besar pilih apartemen. Dengan resiko yang cukup besar dan modal yang tidak sedikit. Namun jika kamu ingin aman–aman saja pilih investas properti berupa tanah, dengan resiko sulit mendapatkan pembeli.

Apapun jenis investasi yang akan kamu jalankan. Perbanyak informasi dan ketahui seluk beluknya dengan baik untuk mencegah dan mengantisipasi segala resiko dan kemungkinan buruk. Sebaik – baiknya investasi properti yang kamu lakukan adalah investasi yang dimulai dari saat ini juga. Jadi jangan menunda – nuda untuk membeli dan melakukan investasi.

Share this

0 Comment to "Investasi Properti Tanah, rumah Atau Apartemen? Mana Yang Mendatangkan Untung Besar?"

Post a Comment