Monday, May 1, 2017

Tips Memilih AC yang Bagus untuk Kamar Tidur

Saat Anda ingin membeli AC untuk kamar tidur, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. 

Pertama, pastikan Anda membeli AC dengan kapasitas yang tepat. Kalau kapasitas AC itu kurang besar, maka ruang kamar tidur ini pun akan kurang dingin. Sebaliknya kalau kapasitasnya terlalu besar, juga akan mubazir. Sebab watt listrik yang perlu Anda bayarkan pun menjadi lebih besar. Artinya, ini tidak efisien. 

Misalnya saja untuk kamar tidur ukuran 3x3 meter, AC dengan kapasitas 1/2 Pk itu sudah memadai. Jadi Anda bisa pilih AC dengan kekuatan tersebut untuk mendinginkan ruangan Anda. 

Kedua, penting diperhatikan bagaimana suara AC ini. Apakah AC tersebut berisik atau tidak. Sebab ruang tidur itu kita gunakan untuk beristirahat. Kalau sampai suaranya terlalu keras, tentu bisa mengganggu kenyamanan kita saat berisitirahat. 

Ketiga, perhatikan situasi kamar Anda. Apakah ruangan Anda terkena sinar matahari langsung? Jika iya, berarti Anda membutuhkan AC dengan kapasitas yang lebih besar. Sebab sinar matahari tersebut berpengaruh terhadap temperatur ruangan.

Kalau dari hitungan awal misalnya hanya diperlukan AC 1/2 Pk, tapi kalau misalnya ruangan tersebut mendapatkan sinar matahari, lebih baik Anda cari AC 3/4 PK. 

Sebaliknya kalau ruangan Anda teduh artinya tidak terkena sinar matahari langsung, Anda bisa lakukan hal sebaliknya. Kalau misalnya setelah dihitung untuk ukuran tersebut dibutuhkan AC 1 Pk, tapi karena kamar tidur tersebut tidak terkena sinar matahari, maka Anda gunakan AC 3/4 PK pun sudah mencukupi. 

Keempat, lihat berapa orang yang menempati kamar tersebut. Semakin banyak orang yang tinggal di kamar tidur, tentu suhu pun akan meningkat. Kalau untuk perhitungan normal AC tersebut bisa digunakan untuk 2 orang. Jadi kalau misalkan kamar tersebut diisi 4 sampai 6 orang, baiknya Anda tingkatkan kapasitas AC yang diperlukan. 
Tips Memilih AC yang Bagus untuk Kamar Tidur.
 Tips Memilih AC yang Bagus untuk Kamar Tidur. (Foto: JD.id)
Nah, dengan mempertimbangkan kondisi tersebut, Anda bisa memilih AC yang tepat untuk ruangan. Anda bisa berkonsultasi ke pihak yang jual ac dengan menjelaskan kondisi ruangan kamar tidur Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa mendapatkan saran maupun rekomendasi AC seperti apa yang cocok bagi Anda.

Kalau misalnya Anda mencari sendiri AC tersebut secara online, Anda bisa melihat bagaimana detail spesifikasinya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah AC tersebut tepat dipasang di kamar tidur Anda.

Kalau mencari yang jual ac murah Anda bisa melihatnya dari harganya. Tiap AC itu kadang dijual berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Sebagai konsumen kita bisa berpikir cerdas dengan mencoba mengkomparasi mana tempat beli AC yang mampu menyediakan harga terbaik. 

Dengan begitu Anda pun akan lebih untung. Sebab harga pembelian AC ini bisa Anda dapatkan dengan harga yang paling rendah. 

Setelah AC tersebut dipasang, yang tak kalah pentingnya adalah untuk rutin melakuka perawatan. Jika tidak bisa membersihkan sendiri, Anda bisa panggil tukang AC untuk membantu membersihkannya. Dengan begitu, AC itu pun akan awet dan tahan lama. 

Gunakan AC ini sesuai kebutuhan. Kalau memang tidak diperlukan Anda bisa mematikannya. Sebaliknya, tidak baik juga kalau AC ini jarang dihidupkan. Sekalipun kamar tidak ada penghuninya, paling tidak seminggu sekali Anda harus menghidupkannya agar kinerja AC ini tetap baik. Begitulah cara yang bisa Anda lakukan dalam memilih AC yang tepat untuk ruangan kamar tidur. Semoga bermanfaat. 

Share this

0 Comment to " Tips Memilih AC yang Bagus untuk Kamar Tidur"

Post a Comment