Alasan dan Cara Cuci Tangan Pakai Sabun Sebelum Makan


Ilustrasi
Diperkirakan ada 1.500 bakteri per sentimeter persegi kulit di tangan Anda. Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit terkait bakteri dan penyakit menular lainnya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air. Paling utama adalah cuci tangan pakai sabun sebelum makan. Sebab, saat makan, tangan akan bersentuhan langsung dengan makanan dan mulut, sehingga kalau ada bakteri atau penyakit akan langsung masuk ke dalam tubuh. 

Meskipun sebagian besar orang telah mendengar pesan ini, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang masih tidak mencuci tangan mereka dengan cara yang benar. Padahal, mencuci saja tidak cukup untuk mencegah penyebaran bakteri dan kuman lain. Setelah mencuci, Anda juga harus mengeringkan tangan secara menyeluruh dengan handuk bersih atau pengering udara. Mempelajari kebiasaan-kebiasaan kebersihan tangan yang baik sangat penting untuk mengurangi penyebaran kuman. Nah, berikut ini cara cuci tangan pakai sabun sebelum makan yang benar!

Carra Mencuci Tangan dengan Benar
Mencuci tangan dengan sabun dan air adalah langkah sederhana yang dapat diambil untuk membantu mencegah penyakit. Mencuci tangan adalah proses sederhana yang menghasilkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Kuncinya adalah memastikan untuk mencuci dan mengeringkan tangan dengan benar untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan kuman lainnya. Ada empat langkah sederhana untuk mencuci tangan Anda, inilah langkah-langkahnya :
  1. Gunakan air yang mengalir untuk membasahi tangan Anda sambil menggosoknya dengan sabun.
  2. Gosok kedua tangan Anda bersama-sama pastikan untuk membasahi punggung tangan dan di bawah kuku Anda.
  3. Gosok tangan Anda secara menyeluruh setidaknya selama 20 detik.
  4. Bilas tangan Anda di bawah air yang mengalir untuk menghilangkan sabun, kotoran, dan kuman.
Setelah mengetahui cara cuci tangan pakai sabun sebelum makan, anda juga harus tahu cara mengeringkan yang tepat. Sebab, bila pengeringan tangan tidak tepat dapat membuat kuman penyakit bisa menempel pada tangan anda lagi. Berikut caranya!

Cara Sehat untuk Mengeringkan Tangan 
Mengeringkan tangan anda merupakan langkah yang tidak boleh diabaikan dalam proses pembersihan. Mengeringkan tangan dengan benar tidak termasuk menyeka tangan anda pada pakaian untuk mengeringkannya. Mengeringkan tangan dengan handuk, kertas tisu atau menggunakan pengering tangan tanpa menggosok tangan adalah yang paling efektif untuk menjaga jumlah bakteri tetap rendah. Menggosok kedua tangan bersama-sama sambil mengeringkannya di bawah pengering tangan akan mengimbangi manfaat mencuci tangan. 

Cara Menggunakan Sanitizer Tangan
Pilihan terbaik untuk menghilangkan kotoran dan kuman dari tangan adalah sabun dan air. Namun, beberapa pembersih tangan dapat berfungsi sebagai alternatif ketika sabun dan air tidak tersedia. Hand sanitizer tidak boleh digunakan sebagai pengganti sabun dan air karena mereka tidak efektif menghilangkan kotoran atau makanan dan minyak yang mungkin ada di tangan setelah makan. Hand sanitizer bekerja dengan bersentuhan langsung dengan bakteri dan kuman lainnya. Alkohol dalam pembersih merusak selaput sel bakteri dan menghancurkan kuman. Saat menggunakan bahan ini, pastikan itu adalah alkohol dan mengandung setidaknya 60% alkohol. Gunakan tisu atau kain untuk menghilangkan kotoran atau makanan di tangan anda. 

Demikianlah alasan dan cara cuci tangan pakai sabun sebelum makan yang benar dan tepat. 

No comments

Powered by Blogger.